ANALISIS RISIKO AKTIVITAS LIFTING DENGAN LAUNCHER GANTRY CRANE MENGGUNAKAN METODE HIERARCHY TASK ANALYSIS (Pekerjaan Erection Girder di ADHI-SMS-WIN KSO)

  • Daru Sartika Dewi Universitas Bhamada Slawi
  • Agung Tyas Subekti
  • Anggit Pratiwi
Keywords: analisis resiko, launcher gantry crane, Hierarchy Task Analysis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa penilaian risiko terhadap urutan aktivitas pengoperasian lifting dengan launcher gantry crane menggunakan metode hierarchy task analysis di ADHI-SMS-WIN KSO. Pokok masalah penelitian ini yaitu bagaimana analisis risiko aktivitas lifting dengan launcher gantry crane menggunakan metode hierarchy task analysis (pekerjaan erection girder di ADHI-SMS-WIN KSO. Teknik sampling yang digunakan non probability dengan purposive sampling dengan kriteria pengetahuan tentang launcher gantry crane. Kriteria informan yang dipilih sebanyak tiga orang yang berlatar belakang profesi terkait dengan pekerjaan launcher gantry crane. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, pengujian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Dari tiga orang informan, salah satunya sudah memiliki sertifikat spesialis K3 pesawat angkat dan angkut dan memahami pekerjaan erection girder menggunakan launcher gantry crane. Triangulasi metode dilakukan dengan pengambilan data juga menggunakan observasi. Dapat disimpulkan bahwa dari delapan langkah kerja terdapat lima langkah kerja yang memiliki risiko high/ tinggi yaitu pada pemasangan lifting frame, lifting dan launching girder, launching main trust, launching girder ke span P1-P2, sliding main truss ke area penempatan dan 3 langkah kerja yang memiliki risiko moderate pada penurunan girder, pemasangan bracing dan pelepasan lifting frame. Sebagian besar pekerjaan erection girder pada proses pengoperasian launcher gantry crane merupakan pekerjaan dengan tingkat risiko tinggi/ high dimana semua risiko yang diakibatkan jika terjadi kecelakaan dapat menjadi fatality dan kerugian besar baik dari segi manusia, peralatan, mesin dan citra bagi perusahaan.

Published
2023-12-06
How to Cite
Dewi, D., Subekti, A., & Pratiwi, A. (2023). ANALISIS RISIKO AKTIVITAS LIFTING DENGAN LAUNCHER GANTRY CRANE MENGGUNAKAN METODE HIERARCHY TASK ANALYSIS (Pekerjaan Erection Girder di ADHI-SMS-WIN KSO). Bhamada Occupational Health and Safety Environment Journal, 1(2), 1-7. https://doi.org/10.36308/bohsej.v1i2.592

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>