KUASAI SIMPLE PRESENT TENSE DENGAN SINGLE-SLOT SUBSTITUTION DRILL

  • Fiqih Kartika Murti
  • Dwi Atmoko
  • Agung Tyas Subekti
Keywords: Pelatihan, Simple present tense, single-slot sub stitution drill

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris di SMK lebih bersifat praktik karena itu merupakan bekal mereka untuk menghadapi tantangan di dunia kerja. Belajar bahasa Inggris yang hanya berfokus pada kemampuan berbicara tanpa adanya pembelajaran struktur kalimat, akan dirasa kurang. Padahal, grammar merupakan salah satu hal penting dalam menyusun kalimat berbahasa Inggris baik secara tulis maupun lisan. Permasalahan yang dihadapi target pengabdian adalah mereka tidak mengetahui secara detail terkait penyusunan kalimat bahasa Inggris sesuai dengan aturan tata bahasa Inggris. Tujuan pelaksaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bahasa Inggris siswa dalam membuat kalimat simple present tense dengan single-slot substitution drill. Pretest, ceramah, posttest merupakan metode yang digunakan dalam kegiatan ini. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunnjukkan bahwa pengetahuan siswa terkait simple present tense meningkat yang dibuktikan dengan perbedaan nilai pretest dan posttest. Selain itu, siswa mengatakan bahwa mereka lebih paham dan mudah menentukan kata kerja yang digunakan dalam simple present tense dengan teknik single-slot substitution drill. 

References

Akmal, Azmi, S. R. M., & Dewi, M. (2022). "Pelatihan Memahami Tenses Siswa Kursus Bintang Mulia Sei Balai Kabupaten Batubara". Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 1–4.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). "Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2015-2019". Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 174.
Nanning, Saepudin, M. (2020). "An Analysis of Grammatical Error in Wiriting Skill". Eduvelop: Journal of English Education and Development P-ISSN: 2597-713X, E-ISSN: 2597-7148, 3(2), 145. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/eduvelop/article/ view/636/326
Perlin, A., Sartika, D., & Nery, R. (2020). "an Error Analysis on the Use of Simple Present Tense in Paragraph Writing of the Second Semester At English Language Education At Islamic University of Ogan Komering Ilir Kayuagung". Journal of English Education and Linguistics, 3(2), 1–9.
Pratiwi, V. E. H. (2017). "Teaching Simple Present Tense by Using Single Slot Substitution Drill Technique". Jurnal Perspektif Pendidikan, 11(2).
Rizky, B. (2021). "Pentingnya Bahasa Inggris untuk Anak SMK". Bhasa Inggris, Edukasi. https://parekampunginggris.co/pentingnya-bahasa-inggris-untuk-anak-smk/
Romadhon, Syaefani Arif; Qurohman, M.Taufik; Firmansyah, J. (2020). Web Englishclub. Com bagi Siswa SMK Astrindo Tegal. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, II(1), 102–107.
Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.
Published
2022-06-30
Section
Articles