GAMBARAN POLA ASUH ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLB NEGERI SLAWI
Abstract
Pola asuh orang tua sangat di butuhkan dalam perkembangan anak terutama pada anak berkebutuhan khusus, permasalahan yang di hadapi pada orang tua dengan anak berkebutuhan khusus sangatlah kompleks sehingga menjadikan pola asuh orang tua yang tidak konsisten akan mempengaruhi perkembangan emosional dan sosial anak. Pola asuh yang efektif dapat meningkatkan kualitas hidup anak, sehingga anak mampu menjalankan tantangan dalam menghadapi kegiatan sehari-hari nya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pola asuh orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Slawi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu melihat gambaran pola asuh yang diterapkan oleh orang tua yang memiliki ABK di SLB Negeri Slawi dan bertujuan untuk mendeskripsikan (memaparkan) peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada masa kini. Hasil dari penelitian ini adalah 79% orang tua menerapkan pola asuh demokratis, 21% dari orang tua menerapkan pola asuh persuasive, dan tidak ada orang tua yang menggunakan pola asuh authoritarian.
Downloads
References
Bornstein, M. H. 2020. Parenting and child development: An overview. Child Development Perspectives.
Darling, N. 2016. Parenting style and its correlates. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences.
Hastings, R. P., & Beck, A. 2004. Practitioner review: Stress intervention for parents of children with intellectual disabilities. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 45(8): 1338-1349. https://doi.org/10.1111/j.1469-7610.2004.00357.x
Nakamura, K. 2020. Parental challenges in raising children with disabilities: An international perspective. Journal of Family Psychology.
Oliveira, T. D, Costa, D. De.S., Abuquerque, M. R, Malloy-Diniz, L. F, Miranda, D.M., & De Paula, J. J. 2018. Cross-Cultural Adaptation, Validity, And Reliability of The Parenting Styles and Dimensions Questionnaire-Short Version (PSDQ) For Use in Brazil. Revista Brasileira De Psiquiatria, 40 (4): 410-419. http://DOI.org/10.1590/1516-4446-2017-2314.
Park, H., Coello, J., & Lau, A. S. 2014. Child Socialization Goals in Western versus East Asian Nations from 1989 to 2010: Evidence for Social Change in Parenting," Parenting: Science and Practice 14 (2): 69-91.
Reed, P., & Osborne, L. A. 2021. Parenting stress and resilience in families of children with autism spectrum disorders. Exceptional Children. 76(1): 54-73
Robinson, C.C., Mandleco, B., Olsen, S.F., & Hart, C. H. 2001. The Parenting Styles and Dimensions Questionnaire (PSDQ). Handbook of family measurement techniques. 3, 319-321.
Santrock, J. W. 2018. Child development (15th ed.). McGraw-Hill Education.
Schuengel, C., Janssen, C. G. C., & Helsloot, G. 2019. Stress and coping in parents of children with intellectual disabilities: A review. Journal of Intellectual Disability Research