GAMBARAN REGULASI EMOSI ORANGTUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Abstract
Orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam mengasuh, mendidik, dan merawat anak. Hal ini tidaklah mudah, apalagi ditambah kondisi anak yang memiliki kebutuhan khusus. Diperlukan penerimaan dan kesabaran dalam kesehariannya menghadapi keunikan yang dimiliki anaknya. Regulasi emosi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus merupakan kemampuan individu dalam mengelola emosi dan ditunjukkan dalam tingkah lakunya dalam merawat anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan instrument tentang regulasi emosi yang sudah baku dan didapatkan kategorisasi hasil pengukuran emotional regulation dibagi menjadi 2 yaitu cognitive reappraisal (mengendalikan emosi dengan mengubah cara pikir) dan expressive supression (menyimpan perasaan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran regulasi emosi pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai referensi bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dalam memahami dan menerapkan regulasi emosi selama dalam pengasuhan.
Downloads
References
Anggraini, Y. (2021). Implementasi Manajemen Emosi Pada Orang Tua Dengan Anak Berkebutuhan Khusus. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6. https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.176
Ciuluvica, C., Fulcheri, M., & Amerio, P. (2019). Expressive suppression and negative affect, pathways of emotional dysregulation in psoriasis patients. Frontiers in Psychology, 10(AUG). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01907
Duca, D.-S., Ursu, A., Bogdan, I., & Rusu, P. P. (2023). Emotions and Emotion Regulation in Family Relationships. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 15(2), 114–131. https://doi.org/10.18662/rrem/15.2/724
Fortien, W. S., & Kusumiati, R. Y. E. (2024). Forgiveness and Emotional Well-Being: A Study of Parents of Children with Autism Spectrum Disorders. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 8(2), 127. https://doi.org/10.30598/jbkt.v8i2.2008
Hundra, G. F., & Septiana, E. (2020). Kontribusi Regulasi Emosi Orang Tua Terhadap Regulasi Diri Remaja Melalui Peran Mediasi Pola Asuh Orang Tua. Psikologi Pendidikan. 13(2), 1–20
Islamiyah, Z. N., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Gambaran Regulasi Emosi Pada Ibu Dsengan Anak Dislesia. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(6), 34–49
Kusumastiwi, T., & Puspita, G. (2022). Pelatihan Kesehatan Mental Dan Finansial Bagi Orangtua Abk Pada Komunitas Wkcp Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1181–1186. https://doi.org/10.18196/ppm.43.590
Miraharsi, ’Aisyah, & Hilmiyah, A. N. (2023). Gambaran Regulasi Emosi Pada Anak Dengan Gangguan Emosi Dan Perilaku (Tunalaras). Jurnal Pendidikan Khusus, 02(02), 7–14.
Muna, S. M., Saidah, Q. I., Ernawati, D., & Panduragan, S. L. (2022). Parenting Style and Emotional Regulation in Children with Intellectual Disability. Malaysian Journal of Nursing, 14(2), 117–123. https://doi.org/10.31674/mjn.2022.v14i02.019
Nugraha, M. A., Hartika, A. Y., Hidaya, N., & Paridah. (2023). Edukasi Pola Asuh dan Pengelolaan Stres pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus. Borneo Comm Unity Health Service Journal, 3(1), 10–14.
Pohan, A. A., Juandina, A. M., Gulo, A., Mirza, R., & Nasution, M. (2023). Gambaran Regulasi Emosi Pada Ibu Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Kajian Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fbibliocouns.v5i2.10390
Radde, Hasniar, A, Nurrahmah, Nurhikmah, A. Nur Aulia Saudi. (2021). Uji Validitas Konstrak dari Emotion Regulation Questionnaire Versi Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Confirmatory Factor Analysis. Jurnal Psikologi Karakter, 1 (2), Desember 2021, Halaman: 152 – 160. Diakses dari : https://journal.unibos.ac.id/jpk
Rani, D. A. M., & Subekti, E. M. A. (2013). Hubungan Antara Gaya Kelekatan Menghindar dengan Strategi Regulasi Emosi Expressive Suppression pada Remaja Perokok. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 2(2), 62–68. https://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpkk730f4024acfull.pdf
Restoy, D., Oriol-Escudé, M., Alonzo-Castillo, T., Magán-Maganto, M., Canal-Bedia, R., Díez-Villoria, E., Gisbert-Gustemps, L., Setién-Ramos, I., Martínez-Ramírez, M., Ramos-Quiroga, J. A., & Lugo-Marín, J. (2024). Emotion regulation and emotion dysregulation in children and adolescents with Autism Spectrum Disorder: A meta-analysis of evaluation and intervention studies. Clinical Psychology Review, 109(March 2023). https://doi.org/10.1016/j.cpr.2024.102410
Saepudin, M. (2019). Pengaruh Empati, Regulasi Emosi Dan Anonimitas Terhadap Civility di Media Sosial. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Saniatuzzulfa, R., & Archentari, K. A. (2023). Pelatihan Regulasi Emosi Dengan Media “Emotional Activities” Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Psikohumanika, 15(1), 10–21. https://doi.org/10.31001/j.psi.v15i1.1860
Wulandari, R., & Hidayah, N. (2018). Analisis Strategi Regulasi Emosi Cognitive Reappraisal untuk Menurunkan Perilaku Cyberbullying. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(2), 143–150. https://doi.org/10.30653/001.201822.27