GAMBARAN REGULASI EMOSI ORANGTUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

  • Uswatun Insani Universitas Bhamada Slawi
  • Ita Nur Itsna
Keywords: Regulasi Emosi, Orang Tua, Anak Berkebutuhan Khusus.

Abstract

Orang tua  memiliki  peranan  yang  sangat  penting  dalam  mengasuh,  mendidik,  dan  merawat anak. Hal ini tidaklah mudah, apalagi ditambah kondisi anak yang memiliki kebutuhan khusus. Diperlukan penerimaan dan kesabaran dalam kesehariannya menghadapi keunikan yang dimiliki anaknya. Regulasi emosi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus merupakan kemampuan individu dalam mengelola emosi dan ditunjukkan dalam tingkah lakunya dalam merawat anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan instrument tentang regulasi emosi yang sudah baku dan didapatkan kategorisasi hasil pengukuran emotional regulation dibagi menjadi 2 yaitu cognitive reappraisal (mengendalikan emosi dengan mengubah cara pikir) dan expressive supression (menyimpan perasaan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran regulasi emosi pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini diharapkan bermanfaat  sebagai  referensi  bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dalam memahami dan menerapkan  regulasi  emosi selama dalam pengasuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Y. (2021). Implementasi Manajemen Emosi Pada Orang Tua Dengan Anak Berkebutuhan Khusus. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6. https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.176

Ciuluvica, C., Fulcheri, M., & Amerio, P. (2019). Expressive suppression and negative affect, pathways of emotional dysregulation in psoriasis patients. Frontiers in Psychology, 10(AUG). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01907

Duca, D.-S., Ursu, A., Bogdan, I., & Rusu, P. P. (2023). Emotions and Emotion Regulation in Family Relationships. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 15(2), 114–131. https://doi.org/10.18662/rrem/15.2/724

Fortien, W. S., & Kusumiati, R. Y. E. (2024). Forgiveness and Emotional Well-Being: A Study of Parents of Children with Autism Spectrum Disorders. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 8(2), 127. https://doi.org/10.30598/jbkt.v8i2.2008

Hundra, G. F., & Septiana, E. (2020). Kontribusi Regulasi Emosi Orang Tua Terhadap Regulasi Diri Remaja Melalui Peran Mediasi Pola Asuh Orang Tua. Psikologi Pendidikan. 13(2), 1–20

Islamiyah, Z. N., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Gambaran Regulasi Emosi Pada Ibu Dsengan Anak Dislesia. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(6), 34–49

Kusumastiwi, T., & Puspita, G. (2022). Pelatihan Kesehatan Mental Dan Finansial Bagi Orangtua Abk Pada Komunitas Wkcp Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1181–1186. https://doi.org/10.18196/ppm.43.590

Miraharsi, ’Aisyah, & Hilmiyah, A. N. (2023). Gambaran Regulasi Emosi Pada Anak Dengan Gangguan Emosi Dan Perilaku (Tunalaras). Jurnal Pendidikan Khusus, 02(02), 7–14.

Muna, S. M., Saidah, Q. I., Ernawati, D., & Panduragan, S. L. (2022). Parenting Style and Emotional Regulation in Children with Intellectual Disability. Malaysian Journal of Nursing, 14(2), 117–123. https://doi.org/10.31674/mjn.2022.v14i02.019

Nugraha, M. A., Hartika, A. Y., Hidaya, N., & Paridah. (2023). Edukasi Pola Asuh dan Pengelolaan Stres pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus. Borneo Comm Unity Health Service Journal, 3(1), 10–14.

Pohan, A. A., Juandina, A. M., Gulo, A., Mirza, R., & Nasution, M. (2023). Gambaran Regulasi Emosi Pada Ibu Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Kajian Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fbibliocouns.v5i2.10390

Radde, Hasniar, A, Nurrahmah, Nurhikmah, A. Nur Aulia Saudi. (2021). Uji Validitas Konstrak dari Emotion Regulation Questionnaire Versi Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Confirmatory Factor Analysis. Jurnal Psikologi Karakter, 1 (2), Desember 2021, Halaman: 152 – 160. Diakses dari : https://journal.unibos.ac.id/jpk

Rani, D. A. M., & Subekti, E. M. A. (2013). Hubungan Antara Gaya Kelekatan Menghindar dengan Strategi Regulasi Emosi Expressive Suppression pada Remaja Perokok. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 2(2), 62–68. https://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpkk730f4024acfull.pdf

Restoy, D., Oriol-Escudé, M., Alonzo-Castillo, T., Magán-Maganto, M., Canal-Bedia, R., Díez-Villoria, E., Gisbert-Gustemps, L., Setién-Ramos, I., Martínez-Ramírez, M., Ramos-Quiroga, J. A., & Lugo-Marín, J. (2024). Emotion regulation and emotion dysregulation in children and adolescents with Autism Spectrum Disorder: A meta-analysis of evaluation and intervention studies. Clinical Psychology Review, 109(March 2023). https://doi.org/10.1016/j.cpr.2024.102410

Saepudin, M. (2019). Pengaruh Empati, Regulasi Emosi Dan Anonimitas Terhadap Civility di Media Sosial. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Saniatuzzulfa, R., & Archentari, K. A. (2023). Pelatihan Regulasi Emosi Dengan Media “Emotional Activities” Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Psikohumanika, 15(1), 10–21. https://doi.org/10.31001/j.psi.v15i1.1860

Wulandari, R., & Hidayah, N. (2018). Analisis Strategi Regulasi Emosi Cognitive Reappraisal untuk Menurunkan Perilaku Cyberbullying. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(2), 143–150. https://doi.org/10.30653/001.201822.27

Published
2024-10-26
Section
Articles