EFEKTIFITAS BROSUR TERHADAP PENINGKATAN PENDAFTARAN ONLINE DENGAN MOBILE JKN DI RSUD KOTA TEGAL
Abstract
Latar Belakang: Inovasi pendaftaran online dirawat jalan tidak akan dirasakan manfaatnya secara maksimal apabila adanya keterbatasan pengetahuan masyarakat, Penggunaan Brosur panduan pendaftaran online diharapkan membantu mengatasi keterbatasan pengetahuan masyarakat. Tujuan: Mengetahui hubungan penggunaan brosur panduan pendaftaran online peserta BPJS dengan jumlah pendaftaran rawat jalan yang menggunakan pendaftaran secara online dengan mobile JKN di RSUD Kota Tegal. Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 40. Desain penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dan uji korelasi menggunakan chi square. Hasil: Nilai chi square 0,111 dengan catatan nilai ekpetasi kurang dari 5 sehingga pengambilan keputusan melihat nilai uji fisher exact sebesar 0,182 > 0.05 artinya Ho diterima Tidak ada hubugan pemberian brosur dengan jumlah pendaftaran online melalui aplikasi mobile JKN. Saran: Upaya promosi penggunaan brosur perlu dibarengi dengan upaya sosialisasi yang lain seperti edukasi, atau disediakan pojok layanan pendaftaran online yang dilakukan secara rutin.
Downloads
References
Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., Munthe, S. A., Hulu, V. T., Budiastutik, I., Faridi, A., Ramdany, R., Fitriani, R. J., Tania, P. O. A., Rahmiati, B. F., Lusiana, S. A., Sianturi, E., & Suryana. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.
Budi 2019, Apa itu Brosur ? https://naturalmedicinesofnc.org/apa-itu-brosur/
Candra Fahrudin ilahi, Feby Erawantini (2021) Literatur Review WaktuTunggu Proses Pendaftran Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien di rumahsakit. https://sipora.polije.ac.id/13506/2/Abstract.pdf
Candra Syah Putra (2019) Peranan teknologi Informasi dalam Pelayanan Keperawatan di rumah Sakit https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/simtika/article/view/54/22
Dimas Bayu putra (2017) . Efektivitas media promosi kesehatan leaflet dan brosur pada pasien hipertensi, skripsi https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/81298/Dimas%20Bayu%20Putra_1.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Elles Pertiwi Gaurifa (2019), Gambaran Waktu Tunggu Pasien Rawat Jalan dirumah sakit santa Elizabeth Medan https://repository.stikeselisabethmedan.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/ELLES-PERTIWI-GAURIFA-032015012.pdf
El Rahmayati, Zaid Al Asbana, Aprina (2017) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perawatan Pasien Pasca Operasi di Ruang Inap Bedah Rumah Sakit
https://lifepal.co.id/media/jkn-mobile diunduh april 2023
ICN (International Council Nursing) 2023 The Future of Nursing and digital Health https://www.icn.ch/news/future-nursing-and-digital-health-new-icn-position-statement-highlights-opportunities-and
Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, standar minimal rawat jalan
Kerstin Protz, Joachim Dissemond, Myriam slfert, Marianne Hitner, Brbara temme,Ida Verheyen Cronau, Mathias Augustin, marina otten (2019) Education in people with venous leg ulcers based on a brochure about compression therapy: A quasi-randomised controlled trial, in wound Journal (IWJ) Vol 15 no 6 halaman 1252-126 doi : https://doi.org/10.1111%2Fiwj.13172
Kotler,P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing. Pearson Education Limited.
Malcolm Walsall, (2014) The Important of Brochure Printing as a Marketing Tool, Avaible at https://www.b2bmarketing.net/en-gb/resources/blog/importance-brochure-printing-marketing-too
Modern Litho (2021) "Pamphlets vs. Brochures - Understand the Difference". .
M. Risya Rizki, S.KM., M. K., & Sri Nawangwulan, SKM, M. K. (2018). Metodologi Penelitian: Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Rake Sarasin, 36. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/ wp-content/ uploads/2017/11 /Daftar-isi-Metodologi-Penelitian_k1_restu. pdf
Muhammad Edwin Hafizh, Ilzar Daud (2023) Dampak Implementasi aplikasi Pendaftaran Online Rawat Jalan Dirumah Sakit Daerah Sultah Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2023/01/85.pdf
Nofriadi,Delima,Sara (2019) Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Poli Penyakit Dalam RSUD Painan, Prosiding Seminar Kesehatan Perintis E-ISSN : 2622-2256 Vol. 2 No. 1 Tahun 2019
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 55 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis
Permenkes RI No 30 Tahun 2022 tentang Indikator nasional Mutu Pelayanan kesehatan Tempat Praktek Mandiri Dokter dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan masyarakat, Rumahsakit, Laboratorium Kesehatan, dan unit Transfusi Darah
Ratih Eka Budi Setianingrum (2017) Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Minat Kunjungan Ulang Poli Bedah di RSUD Kota Madiun Tahun 2017
Siti nafiah, Jumino (2019) Efektivitas brosur sebagi media pendidikan untuk meninkatkan pengetahuan tentang perpustakaan di SMA Negeri Semarang https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7530/
Waluyo, T. (2018). Strategi promosi menggunakan brosur dan poster dalam meningkatkan penjualan. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(2), 123-134
WHO, (2023) A Step Forward to digital Transformation in Indonesia’s health system https://www.who.int/indonesia/news/detail/10-10-2023-a-step-forward-to-digital-transformation-in-indonesia-s-health-system--integration-of-the-hepatitis-information-system-(sihepi)-into-jakarta-s-health-facilities-e-registry