PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN STRESS KERJA TERHADAP KINERJA PADA GURU HONORER

  • Fauzi Ahmad Universitas Respati Yogyakarta
  • Joko Krisdiyanto
  • Jati Untari
  • Azir Alfanan
Keywords: Motivasi, Stres, Kinerja Guru

Abstract

Guru Honorer di tuntut bekerja secara optimal supaya anak didikmya menjadi cerdas dan menjadi penerus bangsa yang kreatif dan berkualitas baik. Kinerja yang baik dituntut dari para guru, termasuk guru honorer. Disisi lain menurunnya motivasi dan terjadinya stres dapat menggangu/menghambat pada kinerja guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran di sekolah dan bertanggung jawab atas peserta didik di bawah bimbingannya dengan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan stres kerja terhadap kinerja guru secara parsial dan simultan di dabin VI Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada 43 guru honorer di dabin VI Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Pengaruh variable bebas terhadap variable tergantung menggunakan regresi linear. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai korelasi antara kinerja, stres kerja secara bersama-sama dengan motivasi adalah 0.517. Persamaan regresi yang didapat adalah: Y = 4.908+ 0.154X1 + 0.165X2  (Y = kinerja;    X1 =; motivasi    X2 = stres kerja)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-28
Section
Articles