HUBUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU BULLYING VERBAL PADA ANAK DI SD PANGGUNG 4 KOTA TEGAL

  • Yessy Pramita Widodo STIKes Bhakti Mandala Husada
  • Anisa Oktiawati
  • Dhani Indah Puspita Sari
Keywords: Keywords: Verbal Bullying, Behavior, Coevals

Abstract

Bullying verbal merupakan perilaku negatif yang mengakibatkan seseorang dalam keadaan tidak nyaman yang biasanya terjadi secara berulang – ulang. Angka kejadian bullying verbal disekolah sekitar 47%,   salah satu faktor yang mempengaruhi tingkah laku anak terhadap perilaku bullying verbal adalah bergaul dengan teman – teman sebayanya yang menyimpang sehingga mendapat pengakuan dari kelompok.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor teman sebaya dengan perilaku bullying verbal pada anak di SDN Panggung 4 Kota Tegal. Desain penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling dengan jumlah 77 responden. Hasil analisis menggunakan uji Spearman Rank di dapatkan p Value 0,002 < 0,05 dengan korelasi kuat (0,674)  arah korelasi positif, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan  teman sebaya dengan perilaku bullying verbal pada anak. Anak disarankan untuk saling peduli dengan sesama teman dengan cara tidak menyakiti atau mengejek teman yang lain dan menjauhi bentuk bullying verbal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, F. L. (2018). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Bullying Pada Anak Kelas IV, V, dan VI Di SD X Kota Padang. Jurnal Ilmu Kesehatan.Vol 2 Nomor 1

Annisa, N.S. (2016). Hubungan Jenis Kelamin Dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di SD Muhammadiyah Mlangi Gamping Sleman. Naskah Publikasi

Bahar. (2017). Pengaruh Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Anak. Jurnal Psikologi Vol.2 No.4

Gunarsa, S.D. (2013). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia

Hanifah. (2016). Hubungan Peran Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa di Bambanglipuro Bantul Yogyakarta. Naskah Publikasi

Hidayat, A. (2014). Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknis Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika

Khoirunnisa, L.M., Maula, H.L., Arwen, D. (2018).Hubungan Tindakan BullyingVerbal Dengan Tingkat Kecemasan Pada Siswa Di Tangerang. Jurnal JKFT: Universitas Muhammadiyah Tangerang. Vol. 3 No. 2

Laksono, E.D. (2016). Hubungan Antara Pergaulann Teman Sebaya Dengan Bullying Pada Anak Sekolah. Jurnal Psikologi. Vol. 1 Nomor 2

Marela, G., Wahab, A., Machira, R.C. (2017). Bullying Verbal Menyebabkan Depresi Pada Remaja di Kota Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat Vol. 33 No. 1

Munawar. (2017). Hubungan Peran Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Kesehatan Vol 1 No 3

Nurhuda. (2016). Hubungan Konformitas Dan Perilaku Bullying Pada Siswa. Depok : Fakultas Psikologi. Universitas Indonesia

Priyatna (2010). Lets end bullying : Memahami, mencegah dan mengatasi Bullying. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia

Rigby, K (2010). New Perspectives on Bullying Jessica Kingsley Publisher: London

Santrock. (2015). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Septiyuni. (2014). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Siswa Di Sekolah. Jurnal Keperawatan. Vol 5 No 1

Usman. (2016). Perilaku Bullying Verbal Ditinjau Dari Peran Teman Sebaya. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 2 Nomor 1

Published
2021-04-27
Section
Articles