PENGARUH TERAPI VISUAL TEKNIK PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION (PEC) TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF PADA ANAK AUTISME DI SD PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA

  • Rahmaya Nova Handayani
  • Murniati Murniati
Keywords: Terapi visual, PEC, tahasa resptif, bahasa ekspresif, autism

Abstract

Autisme merupakan gangguan perkembangan berupa gangguan bahasa, komunikasi,
perilaku dan interaksi sosial. Ada beberapa terapi yang dapat disarankan untuk mengatasi
autisme antara lain adalah terapi visual.
Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh dan perbedaan antara anak autisme yang
diberi dan tidak diberi terapi PEC.
Rancangan penelitian adalahpre post test control group. Responden dibagi menjadi 2
kelompok dengan pembagian 8 responden sebagai kelompok intervensi terapi visual teknik
PEC, dan 7 responden kelompok kontrol. Intervensi dilakukan setiap 1 minggutiga kali yaitu
hari Senin, Rabu, Jumat dengan waktu 20-30 selama 2 bulan. Analisis data yang digunakan
yaitupaired t-test design dan un-paired t-test (independent t-test).
Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dan perbedaan
kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif sebelum dan sesudah dilakukan terapi visual PEC
pada anak autisme di SD Purba Adhi Suta Purbalingga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-28
Section
Articles