IMPLEMENTASI PELATIHAN KONSELOR SEBAYA

  • Masturoh Masturoh Universitas Bhamada Slawi
  • Qurotun Nabila
  • Meli Amalia
Keywords: Remaja, Konselor sebaya

Abstract

Masa remaja merupakan masa-masa yang dipenuhi konflik dan perubahan suasana hati yang tidak menentu. Remaja yang tidak mampu mengatasi perubahan perilaku dan suasana hati akan mempengaruhi kesehatan mentalnya. Upaya yang dapat dilaksanakan guna menghindari dan meminimalisir kejadian yang tidak diharapkan terjadi pada remaja adalah konseling sebaya. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah membetuk fasilitator konselor sebaya, sehingga dapat mendampingi remaja dalam menghadapi dan menangani masalah yang sedang dialami. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dengan tiga metode yaitu ceramah, diskusi dan praktik yang diawali denga pre test dan diakhiri dengan post test. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan skill untuk menjadi seorang konselor bagi remaja. Hal tersebut ditunjukan dengan adanya peningkatan pengetahuan peserta dari nilai rata-rata 72,5 menjadi 88,3 dan juga kemampuan public speaking yang telah dipraktikan dalam kegiatan ini.

References

Astiti, S. P. (2019). Efektivitas Konseling Sebaya (Peer Counseling) dalam Menuntaskan Masalah Siswa. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(2), 243–263. https://doi.org/10.18326/ijip.v1i2.243-263
Fitriana, Q. A., & Rosyidi Hamim. (2021). Self-efficacy dan Kemampuan Mendengar Aktif Konselor Sebaya terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(2), 74–80. https://doi.org/10.29080/jpp.v12i2.631
Nur Haerani, N. D. (2020). Dinamika Perkembangan Remaja. In Buku Sikologi Remaja (Vol. 346, Issue ISBN 978-623-218-764-1, pp. 1–337).
Yuliasari, H. (2020). Pelatihan Konselor Sebaya Untuk Meningkatkan Self Awareness Terhadap Perilaku Beresiko Remaja. Jurnal Psikologi Insight, 4(1), 63–72. https://doi.org/10.17509/insight.v4i1.24638
Kusumawaty, I., Yunike, Y., Elviani, Y., & Harmiyati, L. (2020). Strengthening the Capacity of Peer Counselors in Schools. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 140–146.
Pandang, A. (2019). Program Konseling Sebaya di Sekolah. Bogor: Graha Cipta media. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22417
Rafiola Ryan Hidayat, Permata Sari, Mardia Bin Smith, Ilham Khairi Siregar, & Jumadi Mori Salam Tuasikal. (2022). Pemberdayaan Konselor Sebaya Sebagai Strategi Penanganan Masalah Remaja. ABDIKA:Jurnal Pengabdian Pedagogika, 1(1), 7–14.
Published
2023-12-25
Section
Articles