LANSIA SEHAT, MANDIRI DAN AKTIF

  • Adisty Kirana Maharani Universitas Bhamada Slawi
  • Novenda Argi Maulanasyach Putri Universitas Bhamada Slawi
  • Titania Aurelia Putri Oktaviani Universitas Bhamada Slawi
  • Yuni Fitriani Universitas Bhamada Slawi
  • Sri Tanjung Rejeki Universitas Bhamada Slawi
  • Natiqotul Fatkhiyah Universitas Bhamada Slawi
Keywords: Lansia, Degeneratif, Edukasi

Abstract

Lanjut usia (lansia) merupakan periode dimana rentan terhadap penyakit degeneratif dan kualitas hidup semakin menurun. Banyak orang yang dapat menikmati masa tua akan tetapi sedikit pula yang mengalami sakit dan sampai meninggal tanpa dapat menikmati masa tua dengan bahagia. Dari 40 lansia yang ada di Griya Praja Mukti Desa Kalisapu, 21 diantaranya mengalami hipertensi dan 14 diabetes melitus. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kesehatan lansia agar lansia tetap sehat, mandiri dan aktif. Pengabdian masyarakat ini dilakukan pada tanggal 23 Agustus 2022 di Desa Kalisapu Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal sebanyak 40 lansia. Pelaksanaan kegiatan dengan metode pemberian pendidikan kesehatan dengan media leaflet. Hasil dari pengabdian adalah lansia memberikan respon positif terkait informasi bagaimana cara meningkatkan kesehatan pada lansia.

References

Kemenkes RI. (2016). Buku Kesehatan Lanjut Usia. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI. Nugraheni, & Kurniani F.H. (2017). Pengabdian Masyarakat “Penyuluhan Lansia Sehat dan Mandiri dan Senam Lansia Untuk Mencegah Low Back Pain. Hal 42-46. Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri.
Nursalam. (2019). Pendidikan Dalam Keperawatan. Yogyakarta: Penerbit Salemba.
Putri, dkk. (2017). Peningkatan Kualitas Hidup Lansia Melalui Penerapan Pola Hidup Sehat di Nagari Sumaniak, Kabupaten Tanah Datar Tahun 2017. Padang: Universitas Andalas.
Sudargo, dkk. (2021). Asuhan Gizi Pada Lanjut Usia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Published
2023-12-22
Section
Articles