KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK RETARDASI MENTAL USIA SEKOLAH DI SLBN SEMARANG

  • Herry Susanto
  • Tri Irmawati
Keywords: Kemampuan sosialisasi, retardasi mental

Abstract

Anak retardasi mental memiliki keterbatasan sosialisasi dikarenakan tingkat kecerdasannya rendah, sehingga cukup sulit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan sosialisasi anak retardasi mental usia sekolah di SLB N Semarang. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 39 orang tua dan anaknya dan dengan teknik total sampling. Data diolah menggunakan uji deskriptif. Hasil: Responden (anak) yang memiliki kemampuan sosialisasi yang baik yaitu sebanyak 51,3%. Simpulan: Sebagian dari total anak retardasi mental usia sekolah memiliki kemampuan sosialisasi yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-02
Section
Articles