PENGARUH EDUKASI DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN GOSOK GIGI PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN KEJAMBON 10 KOTA TEGAL
Abstract
Abstrak
Latar Belakang: Siswa Sekolah Dasar memiliki kemungkinan paling tinggi mengalami masalah gigi. Hal ini disebabkan karena anak usia 6-7 tahun belum bisa menggosok gigi dengan baik dan benar. Pada anak usia sekolah di SDN Kejambon 10 masih memiliki keterampilan kurang dalam gosok gigi. Upaya untuk meningkatkan keterampilan gosok gigi anak usia sekolah yaitu edukasi dengan metode demonstrasi.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Edukasi Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Gosok Gigi Pada Anak Usia Sekolah di SDN Kejambon 10 Kota Tegal
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen menggunakan metode one-grup pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia sekolah yang berada pada kelas 4 dan 5 di SDN Kejambon 10 Kota Tegal yang berjumlah 45 orang diambil dengan teknik purposive sampling.
Hasil: Hasil Uji Wilcoxon menunjukan ada pengaruh edukasi dengan metode demonstrasi terhadap keterampilan gosok gigi pada anak usia sekolah, dibuktikan dengan nilai P value 0,000<0,05. Maka dari itu edukasi dengan metode demonstrasi dapat diberikan kepada anak usia sekolah untuk meningkatkan keterampilan anak dalam gosok gigi dengan benar.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil dari kedua variabel tersebut didapatkan bahwa terdapat pengaruh edukasi dengan metode demonstrasi terhadap keterampilan gosok gigi pada anak usia sekolah di SDN Kejambon 10 Kota Tegal
Kata Kunci: Anak usia sekolah, Demonstrasi, Keterampilan gosok gigi
Abstract
Background: Elementary school students have the highest likelihood of experiencing dental problems. This is because children aged 6-7 years old cannot brush their teeth properly yet. At SDN Kejambon 10 elementary school, students still have insufficient skills in brushing their teeth. Efforts to improve the tooth brushing skills of elementary school students include education using the demonstration method.
Purpose: The purpose of this research is to determine the effect of education using the demonstration method on toothbrushing skills in school-age children at SDN Kejambon 10, Tegal City.
Methods: This research is a quantitative research with a quasi-experimental design using the one-group pre-test post-test design method. The population in this study was 45 school-aged children in grades 4 and 5 at SDN Kejambon 10, Tegal City, taken using a purposive sampling technique.
Results: The Wilcoxon Test results show that there is an effect of education using the demonstration method on tooth brushing skills in school-aged children, as evidenced by the P value of 0.000 <0.05. Therefore, education using the demonstration method can be given to school-aged children to improve children's skills in brushing their teeth properly
Conclusion: Based on the results of these two variables, it was found that there was an influence of education using the demonstration method on tooth brushing skills in school-aged children at SDN Kejambon 10, Tegal City.
Keywords: School age children, Demonstration, Tooth brushing skills