PENGARUH BERMAIN BUSY BOOK TERHADAP KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) YANG MENJALANI HOSPITALISASI DI RUANG RAWAT INAP

  • Khodijah Khodijah Program Studi Ilmu Keperawatan dan Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bhamada Slawi, Indonesia
  • Deni Irawan Program Studi Ilmu Keperawatan dan Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bhamada Slawi, Indonesia
  • Winda Astika Mutiara Program Studi Ilmu Keperawatan dan Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bhamada Slawi, Indonesia

Abstract

Abstrak

Anak usia prasekolah yang dirawat inap dirumah sakit akan mengalami kecemasan yang berdampak pada tumbuh kembang, mempengaruhi lamanya proses penyembuhan dan pengobatan. Salah satu terapi nonfarmakologi yang dapat diberikan selama anak menjalani rawat inap adalah terapi bermain. Busy book dapat mendorong rasa ingin tahu, merangsang keterampilan motorik, kemampuan intelektual dan emosi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh terapi bermain busy book terhadap kecemasan anak usia prasekolah (3-6 tahun) yang menjalani hospitalisasi di ruang rawat inap RSUD Dr. M. Ashari Pemalang. Metode yang digunakan penelitian ini pre experiment dengan rancangan one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan 17 responden dengan teknik accidental sampling. Analisa bivariat menggunakan uji wilcoxon signed rank test dengan hasil p-value 0,001 (<0,05) maka dapat disimpulkan ada pengaruh terapi bermain busy book terhadap kecemasan anak usia prasekolah yang menjalani hospitalisasi. Terapi bermain busy book dapat menjadi terapi tambahan untuk menurunkan kecemasan anak selama menjalani rawat inap.

 

Kata Kunci : Kecemasan Anak, Hospitalisasi, Terapi bermain busy book.

Abstract

Preschool-age children who are hospitalized will experience anxiety which has an impact on growth and development, affecting the length of the healing and treatment process. One of the non-pharmacological therapies that can be given while children are hospitalized is play therapy. Busy books can encourage curiosity, stimulate children's motor skills, intellectual abilities and emotions. The purpose of this study was to identify the effect of busy book play therapy on the anxiety of preschool children (3-6 years) who were hospitalized in the inpatient room of RSUD Dr. M. Ashari Pemalang. The method used in this study was a pre- experimental study with a one group pretest-posttest design. The sample used was 17 respondents with accidental sampling technique. Bivariate analysis used the Wilcoxon signed rank test with a p-value of 0.001 (<0.05). It can be concluded that there is an effect of busy book play therapy on the anxiety of preschool-aged children undergoing hospitalization. Busy book play therapy can be an additional therapy to reduce children's anxiety during hospitalization.

 

Keywords: Child Anxiety, Hospitalization, Busy book playing therapy.

Published
2024-04-01
How to Cite
Khodijah, K., Irawan, D., & Mutiara, W. (2024). PENGARUH BERMAIN BUSY BOOK TERHADAP KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) YANG MENJALANI HOSPITALISASI DI RUANG RAWAT INAP. MIDWIFERY AND NURSING JOURNAL, 1(2), 47-52. Retrieved from https://ejournal.bhamada.ac.id/index.php/MINOR/article/view/614
Section
Articles