PELATIHAN DIGITAL MARKETING DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL UNTUK MEMBANGUN GENERASI MUDA MENJADI ENTEPRENEUR DI SMA XYZ

  • Sonhaji Sonhaji Universitas Bhamada Slawi
  • Haries Anom Susetyo Aji Nugroho
  • Dwi Atmoko
  • Sri Lestari Politeknik Purbaya Tegal
Keywords: Pelatihan, digital marketing, e-commerce

Abstract

Media promosi digital diharapkan menjadi pilihan yang efektif untuk pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis dan menjangkau pasar nasional maupun internasional. Digital marketing dan e-commerce atau marketplace dapat menjangkau wilayah yang lebih luas dibanding pemasaran secara konvensional, sehingga hal ini menjadi pilihan yang solutif untuk ekspansi bisnis. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa tentang digital marketing dan bagaimana menggunakan e-commerce atau marketplace. Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut meliputi: 1) Pemberian materi pengenalan digital marketing dan e-commerce, 2) Pemberian pelatihan kepada siswa mengenai pembuatan toko di e-commerce dan akun media sosial yang menjadi trend dalam media promosi bisnis saat ini. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa dapat membuka wawasan dan pengetahuan baru dan menjadikan mereka pengguna teknologi yang bisa memanfaatkan media interenet secara bijaksana karena banyak hal yang bisa dimanfaatkan dan diketahui secara positif dari perkembangan internet khususnya pemasaran produk.

References

Hermawan, Agus. Komunikasi Pemasaran.2012. Penerbit Erlangga: Jakarta

Rangkuti, Freddy. Strategi promosi yang kreatif dan analis kasus IMC.2009. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Saputra, Wahidin, 2011, Public Relations Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber, Depok: Gramata Publishing.

E.Susanti, “Pelatihan Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor,” Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, vol. 1, no. 2, p. 36, Jul. 2020, doi: 10.24198/sawala.v1i2.26588.

H. Wijoyo, H. Haudi, A. Ariyanto, D. Sunarsi, and M. F. Akbar, “Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa (Pengabdian Kepada Masyarakat Kerjasama Antar Kampus),” IKRA-ITH ABDIMAS, vol. 3, no. 3, pp. 169–175, Nov. 2020, Accessed: Jul. 05, 2023. [Online]. Available : https : // journals.upi-yai.ac.id / index.php / IKRAITH-ABDIMAS/article/view/778

Septian, F., Syaripudin, A., Punkastyo, D. A., & Nugroho, F. A. (2021). Sosialisasi dan Pelatihan Digital Marketing Bagi Umkm Dan Pemuda Karang Taruna Cilandak Barat. Jamaika: Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 72-80.

Published
2024-06-30
Section
Articles