PENGENALAN APOTEKER CILIK PADA SISWA SD SEKOLAH ALAN ANANDA MANDIRI KABUPATEN TEGAL

  • Arifina Fahamsya Universitas Bhamada Slawi
  • Osie Listina
  • Lailiana Garna
  • Shofa Khoirun Nida
  • Musrifah Musrifah
  • Arini Fahamsya
Keywords: Edukasi, Apoteker Cilik, Sekolah Alam Ananda Mandiri, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Pengenalan Apoteker sebagai salah satu profesi di bidang kesehatan yang memiliki keahlian pada obat dan informasi obat, namun masyarakat banyak yang belum mengetahui profesi tersebut. Pengabdian dilakukan dengan metode sosialisasi dan edukasi beserta dengan alat peraga kepada siswa kelas 3 dan 4 SD Sekolah Alam Ananda Mandiri. Materi yang disampaikan berupa materi pengenalan profesi apoteker dan pengenalan bentuk sediaan obat. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan profesi apoteker dan memastikan obat-obatan diminum dengan benar sehingga dapat menangani penyakit dengan baik dan meningkatkan kualitas hidup. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan ini sehingga terjadi perubahan pengetahuan siswa terkait profesi apoteker dan penggunaan obat. Edukasi seperti ini perlu dilakukan peningkatan dengan jumlah peserta yang lebih banyak dari berbagai macam sekolah sehingga akan memberikan dampak positif semakin banyak siswa tingkat sekolah dasar mengetahui cara penggunaan obat dengan tepat.

References

D. R. Octavia and M. Aisyah. (2019). Pelatihan Apoteker Cilik Siswa Sekolah Dasar Dalam Upaya Penggunaan Obat Yang Tepat Di Lamongan,. JCES. 2(2).1–10. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/1482
Ikatan Apoteker Indonesia. 2019. ISO Informasi Spesialite Obat Indonesia Volume 52, Jakarta: PT. ISFI Penerbitan.
Ikatan Apoteker Indonesia. 2016. Standar Kompetensi Apoteker Indonesia. Standar Kompetensi Apoteker Indonesia, 1-56
Monthly Index of Medical Specialities. 2021. Scoots Emulsion. Diakses pada 2021 Juli 05 Pukul 13.00. Tersedia pada www.mims.com
Teramachi, H. (2013). Establishment of a “Correct use of medicine” educational program for health and physical education at junior high schools. Yakugaku Zasshi, 133(12), 1325– 1334. https://doi.org/10.1248/yakushi.13-00226-4.
Published
2024-06-30
Section
Articles