PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DIGITALISASI PROMOSI DAN PENJUALAN DAPOER ZALOE LANDING PAGE DENGAN CMS CANVA

  • Mamun Sutisna Politeknik Negeri Bandung
  • Tangguh Dwi Pramono
  • Sri Surjani Tjahyawati
  • Dewi Siti Mardianti
  • Ira Siti Sarah
  • Ivon Sandya Sari Putri
  • Sri Raharo
Keywords: Dapoer Zaloe, Website, CMS Canva

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat cepat mendorong digitalisasi di berbagai sektor salah satunya sektor perdagangan. Dapoer Zaloe adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan sejak 2015 dengan menggunakan Instagram dan Tiktok sebagai media promosi serta Whatsapp sebagai media penjualan. Dapoer Zaloe juga menjual produk secara langsung di rumah makan sunda yang berlokasi di Cimahi dengan sistem pemesanan menggunakan buku menu manual dengan sistem made-by-order. Saat ini rumah makan Dapoer Zaloe memiliki 15 meja makan dan 5 buku menu serta belum adanya katalog untuk produk catering. Hal tersebut menjadi permasalahan yang dialami Dapoer Zaloe karena kurangnya jumlah buku menu dan tidak adanya katalog, sehingga konsumen perlu bergantian untuk menggunakan buku menu dan konsumen perlu menghubungi Dapoer Zaloe untuk meminta katalog untuk produk catering. Berdasarkan fenomena tersebut, dilakukan wawancara dengan pemilik Dapoer Zaloe untuk melakukan perubahan kearah proses digitalisasi. Proyek ini bertujuan untuk membuat landpage dan website agar memudahkan konsumen dalam melakukan pemesanan. Metode pembuatan proyek dilakukan dengan menggunakan CMS Canva sehingga dapat digunakan dengan mudah, efesien dan fleksibel. Hasil proyek ini berupa website, e-menu, catalog dan landing page yang telah diuji coba dan dilakukan evaluasi untuk pengembangan yang lebih baik lagi dengan melakukan wawancara serta penyebaran kuesioner kepada pengunjung untuk mengetahui kualitas dan efektivitas website. Dari hasil wawancara menunjukan bahwa sistem dan website sudah dinilai sangat baik dan sesuai dengan kebutuhan serta website menyediakan informasi yang akurat dan memenuhi kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung.

References

Hasugian, P. S. (2018). Perancangan website sebagai media promosi dan informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1).

Mulyana, M. (2019). Strategi Promosi dan Komunikasi.

Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketingterhadap Organizational Performance Denganintellectual Capital Dan Perceived Qualitysebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112.

Rachmawati, I. K., Handoko, Y., Nuryati, F., Wulan, M., & Hidayatullah, S. (2019). Pengaruh kemudahan, kepercayaan pelanggan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian online.

Sundari, C. (2019). Revolusi industri 4.0 merupakan peluang dan tantangan bisnis bagi generasi milenial di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Untidar 2019.

Tawakhal, D., & Permana, Y. (2020). Sistem Informasi Pemesanan Dan Penjualan Bunga Hias Berbasis Web Pada Telaga Flower. J. Informatics, Inf. Syst. Softw. Eng. Appl, 3(1), 36–44.

Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap perilaku online shopping: perspektif pemasaran agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2(1), 136–146.

Wibowo, A. (2015). Pengantar Pemasaran Bisnis Digital. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1–48.

Published
2024-06-28
Section
Articles