EDUKASI 3M PLUS DAN MEDIA OVITRAP UNTUK PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI DESA KEBANDINGAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL

  • Arif Rakhman
  • Melda Ayu Wulandari
Keywords: Edukasi 3M Plus, Media Ovitrap

Abstract

Pendidikan kesehatan  tentang 3M Plus dan Penggunaan Media Ovitrap merupakan salah satu alternatif  untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat  tantang pentingnya pencegahan dini terhadap penyakit demam  berdarah dengue (DBD). Peranan pendidikan kesehatan sebagai Health Promotion adalah untuk melakukan intervensi faktor perilaku sehingga perilaku individu, kelompok atau masyarakat sesuai dengan nilai-nilai kesehatan. Edukasi 3M Plus dan penggunaan media ovitrap bagi masyarakat dilakukan agar individu secara mandiri dan berkelompok dapat melakukan tindakan preventif dengan memutus mata rantai perkembangan nyamuk aedes aegypti. Materi dalam edukasi ini tentang 3M Plus dan langkah-langkah pembuatan media ovitrap. Semua materi disampaikan dengan metode ceramah dan demonstrasi, yang kemudian dilanjutkan dengan praktik. Hasil pendidikan kesehatan menunjukan peningkatan pengetahuan dalam pencegahan penularan penyakit DBD serta meningkatkanya ketrampilan peserta dalam pembuatan media ovitrap. Bagi masyarakat Desa Kebandingan disarankan untuk menerapkan media ovitrap pada tempat-tempat yang dicurigai menjadi sarang nyamuk serta selalu menerapkan 3M Plus untuk mencegah penyakit DBD.

References

Ananda, S. (2009). Pengaruh Suhu, Kaporit, Ph terhadap Pertumbuhan Cendawan Entomopatogen Transgenik Aspergillus Niger-GFP dan Patogenitasnya pada Larva Nyamuk Aedes aegypti. Bogor: Depertemen Biologi FMIPA IPB
Gifari, M.A., Rusmartini, T., Astuti, R.D.I. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Peri laku Gerakan 3M Plus dengan Keberadaan Jentik Aedes aegypt, Bandung Meet Glob Med Heal, 1(1), 84-90. http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/BaMGMH/article/view/1261/pdf
Knowlton K, Solomon G, Rotkin-Ellman M, & Pitch F. (2009). Mosquito-Borne Dengu Fever Threat Spreading in the Americas. New York: Natural Resources Defense Council Issue Paper.
Kusriastuti, R. (2005). Kebijaksanaan Penanggulangan Demam Berdarah Dengue Di Indonesia. Jakarta: Depkes R.I.
Kusriastuti, R. (2010). Data Kasus Demam Berdarah Dengue di Indonesia tahun 2009 dan Tahun 2008. Jakarta: Ditjen PP & PL Depkes RI.
Lestari, K. (2007). Epidemiologi Dan Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) Di Indonesia, Farmaka 5(3), 12-29.
Segijanto, S. (2006). Epidemiologi Demam Berdarah Dengue. Surabaya: Airlangga University Press
WHO. (2003). Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Demam Dengue dan Demam Berdarah Dengue. Jakarta: WHO & Departemen Kesehatan RI.
WHO. (2009) Dengue: Guidlines for Diagnosis, Treatment, Prevention and Control. New Edition. Geneva: World Health Organization.
Published
2022-06-29
Section
Articles