STRATEGI METODE EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (EFT) UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA GURU DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARING

  • Sri Hidayati STIKES Bhakti Mandala Husada Slawi
  • Anisa Oktiawati STIKES Bhakti Mandala Husada Slawi
  • Ita Nur Itsna STIKES Bhakti Mandala Husada Slawi
Keywords: Covid-19, Kecemasan, EFT

Abstract

Wabah infeksi Covid 19 begitu sangat mengguncang masyarakat dunia, hingga lebih dari 200 Negara di Dunia terjangkit oleh virus ini termasuk Indonesia. Berbagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 pun dilakukan oleh pemerintah di negara-negara di dunia guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19 ini, dengan berbagai cara yakni dengan menjalankan protokol kesehatan, lockdown dan social distancing. Pendidikan di Indonesia pun menjadi salah satu bidang yang terdampak akibat adanya pandemi covid-19 tersebut. Dengan adanya pembatasan interaksi, Kementerian Pendidikan di Indonesia juga mengeluarkan kebijakan yaitu dengan meliburkan sekolah dan mengganti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring). Penerapan pembelajaran online juga membuat pendidik berpikir kembali, mengenai model dan metode pembelajaran yang akan digunakan. Berbagai permasalahan yang timbul tersebut dapat menimbulkan kecemasan pada guru, karena guru di tuntut memahami perubahan-perubahan sosial yang serba cepat sebagai konsekuensi, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah mempengaruhi nilai-nilai moral, etika, gaya hidup, dimana tidak semua orang mampu menyesuaikan diri. Kegiatan penyuluhan  dihadiri oleh 10 orang guru dan diawali dengan penyampaian tentang kecemasan meliputi definisi, penyebab, dan klasifikasi. Penyampaian materi tentang Emotional Freedom Technique (EFT) meliputi definisi, manfaat, serta teknik pelaksanaan sertademonstrasi EFT dan  disertai penggunaan media booklet. Para guru menyimak dengan baik urutan langkah yang dijelaskan dengan memperhatikan   langkah-langkah   EFT  sesuai   yang   tercantum   pada booklet yang  diberikan. Penerapan EFT dapat mengurangi kecemasan yang dialami para guru dalam menghadapi pembelajaran daring.

References

Davies, T. (2009). ABC Kesehatan Mental.
Gandari, N. K. M., & Sentana, I. G. N. A. (2018). The Effect of Emotional Freedom Techniques Therapy towards Learning Concentration Level of Students. Indonesian Journal of Health Research, 1(2), 66–73.
Irfan, D. P., & Marendeng, H. A. A. S. (n.d.). PENGARUH EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE. kuesioner state trait anxiety inventory (STAI-S). Data dianalisis.
Irfan, P. D., & Arofiq, H. (2016). Pengaruh Emotional Freedom Tecchnique terhadap Tingkat Kecemasan,”. Pros. Semin. Ilm, 2011–2014.
Jain, S., & Rubino, A. (2012). The effectiveness of emotional freedom techniques for optimal test performance. Energy Psychology Theory, Research, & Treatment, 4(2), 15–26.
Jonathan, F. C., & Recard, M. (2021). THE IMPLEMENTATION OF GAMIFICATION CONCEPT INSIDE ONLINE CLASSROOM ACTIVITIES TO PROMOTE STUDENTS’ENGAGEMENT. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 5(2), 176–184.
Ningsih, S. F., Karim, D., & Sabrian, F. (2016). The Effectiveness Of Emotional Freedom Technique (Eft) Therapy To Anxiety Of Breast Cancer Patients Stage Ii And Iii.
Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).
Supriatna, E. (2020). Socio-economic impacts of the covid-19 pandemic: The case of Bandung city. Journal of Governance, 5(1), 61–70.
Published
2022-06-27
Section
Articles