SKRINING KEGAWATDARURATAN KESEHATAN LANJUT USIA (LANSIA) DI DESA MEJASEM TIMUR RW 06 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL

Kegawatdaruratan, Kesehatan Lansia.

  • Yessy Pramita Widodo STIKes Bhakti Mandala Husada
  • Khodijah Khodijah
  • Ikawati Setyaningrum
  • Dwi Budi Prastiani
Keywords: Kegawatdaruratan, Kesehatan lansia

Abstract

Peningkatan pelayanan kesehatan terhadap lanjut usia diperlukan untuk mewujudkan lansia yang sehat, berkualitas, dan produktif di masa tuanya. Keluhan kegawatdaruratan kesehatan yang dialami oleh lansia merupakan efek dari penyakit kronis seperti asam urat, hipertensi, diabetes mellitus, rematik dan penyakit lainnya, dan yang merupakan penyakit penyebab rawat jalan tertinggi pada tahun 2020 yang dialami lansia adalah hipertensi. Masalah yang dibahas diantaranya yaitu bagaimana kemampuan lansia dalam menjaga dan mempertahankan kesehatannya dan kader lansia mengajarkan senam hipertensi kepada lansia. Pada pelaksanaannya, lansia menanyakan tentang gaya hidup dan cara mempertahankan kesehatannya. Pelaksanaan dilakukan dengan metode cermah, demonstrasi dan praktik. Hasil pelatihan menunjukkan kesadaran akan menjaga dan mempertahankan kesehatannya kader lansia mengajarkan senam hipertensi dan lansia sangat berantusias untuk mengikuti kegiatan senam lansia. Bagi kader dapat berkerjasama dengan puskesmas dan dinas kesehatan agar dilakukan pelatihan kepada lansia agar lebih dapat memperhatikan masalah kesehatan pada lansia

References

Anggraeni, P. (2019). Sikap terhadap kepatuhan diit hipertensi dengan tekanan darah pada penderita hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Doro Kabupaten Pekalongan. Jurnal online unimus.ac.id.

Badan Pusat Statistik. (2020). Profil lansia Jawa Tengah 2020. http://jateng.bps.go.id. diakses tanggal 10 Agustus 2021.

Infodatin. (2020) Situasi lanjut usia (lansia) di Indonesia: Lansia sehat, aktif dan produktif. http//:www.depkes.go.id/resource/infodatin.

Mubarak & Chayatin. (2020). Teori dan aplikasi ilmu kesehatan masayarakat, pendidikan kesehatan, konsep perilaku dan perilaku kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Once. (2020). Latihan fisik untuk kesegaran jasmani lansia, (online), (http://www.dronce.com/archieve/1312/latihan-fisik-untuk-menjaga-kebugaran-jasmani-pada-lansia/ diakses tanggal 15 Januari 2018.

Riskesdas. (2020). Masalah kesehatan lansia. http://depkes.go.id. Diakses tanggal 10 Agustus 2021

Welis, W. (2020). Gizi untuk Aktivitas Fisik dan Kebugaran. Padang: Sukabina Press.

Published
2021-12-28
Section
Articles