CLINICAL INSTRUCTURE TRAINING PROGRAM UNTUK PERAWAT PELAKSANA RUMAH SAKIT MITRA SIAGA

  • Wisnu Widyantoro Stikes Bhamada Slawi
  • Firman Hidayati
  • Ratna Widyastuti
Keywords: Pembimbing klinik, preceptorship

Abstract

Pembelajaran dalam praktik klinik adalah suatu proses transformasi seorang mahasiswa untuk menjadi perawat profesional. Peningkatan kualitas pembelajaran praktik klinik dapat dicapai dengan meningkatkan kinerja perawat pembimbing klinik. Pembelajaran klinik yang baik harus didukung oleh instruktur klinik yang mampu menjadi role model. Instruktur klinik berwenang dan bertanggung jawab untuk mengatur proses pembelajaran klinik di wahana praktik. Oleh sebab itu dibutuhkan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan instruktur klinik dalam melaksanakan peran dan tanggung jawabnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kejelasan akan peran fungsi dan tanggung jawab instruktur klinis dalam membimbing peserta didik di tatanan klinik. Pemberian materi melalui pendidikan Pembelajaran Klinik, diskusi interaktif dan simulasi pembelajaran klinik. Tujuan pelatihan ini yaitu pembimbing klinik dapat melakukan bimbingan bagi para mahasiswa sehingga tumbuh kembang profesi perawat dapat berkembang. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan demonstrasi pelaksanaan preceptorship. Hasil wawancara menunjukan hasil pemahaman dan peningkatan ketrampilan tentang kegiatan bimbingan klinik. Sedangkan berdasarkan observasi perawat pelaksana yang ditunjuk sebagai pembimbing klinik dapat menggunakan teknik preceptorship dengan baik.

References

ASDA, P. J. O., PATRIA.“HUBUNGAN BIMBINGAN KLINIK OLEH PEMBIMBING KLINIK AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR KLINIK MAHASISWA SEMESTER 2017. Hubungan Bimbingan Klinik Oleh Pembimbing Klinik Akademik Dengan Prestasi Belajar Klinik Mahasiswa Semester V DIII Keperawatan STIKES Wira Husada Tahun Ajaran 2010/2011. 503.
ASTUTI, V. W., KUSUMAWATI, W. & AFANDI, M. J. J. P. K. 2016. Kompetensi Pembimbing Klinik dalam Proses Pembelajaran di Klinik. 2.
BOBAYA, J., KILING, M. A., LAOH, J. M. & LOSU, N. J. J. I. P. M. 2015. Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Pembimbing Klinik Dengan Pencapaian Target Praktek Klinik Keperawatan Medikal Bedah Di Badan Layanan Umum Rsup Prof. Dr. Rd Kandou Manado. 4, 20-31.
ELEY, S. J. D. D. H. W. M. C. J. O. N. T. P. O. P. H. P. T. 2010. The power of preceptorship. 15.
KRISTIANINGSIH, Y. J. J. P. K. 2016. Persepsi Mahasiswa Ilmu Keperawatan Tentang Manajemen Bimbingan Klinik. 3, 1-5.
MAISZA, D. 2018. GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA DIII KEPERAWATAN DALAM PEMBELAJARAN KLINIK (PRECEPTORSHIP) DI POLTEKES BANDUNG. Universitas Pendidikan Indonesia.
OMER, T. A., SULIMAN, W. A. & MOOLA, S. J. N. E. I. P. 2016. Roles and responsibilities of nurse preceptors: Perception of preceptors and preceptees. 16, 54-59.
SARAGIH, N. J. U. I. 2011. Hubungan program preceptorship dan karakteristik perawat dengan proses adaptasi perawat baru di PKSC, RSB, dan RSPI.
SITORUS, R. & WALUYO, A. 2017. Panduan Pelatihan: Modul Bimbingan Klinik Efektif (MBKE).
SURYANI, L., HANDIYANI, H. & HASTONO, S. P. J. J. K. I. 2015. Peningkatan Pelaksanaan Keselamatan Pasien Oleh Mahasiswa Melalui Peran Pembimbing Klinik. 18, 115-122.
Published
2021-06-23
Section
Articles