EDUKASI DAN SOSIALISASI PENCEGAHAN COVID-19 MELALUI UPAYA PENINGKATAN IMUNITAS TUBUH DENGAN DZIKIR DAN HERBAL DI KELURAHAN DEBONG KULON TEGAL

  • Fatchurrozak Himawan Poltkkes Kemenkes Semarang Prodi DIII Keperawatan Tegal
  • Suparjo Suparjo
  • Hudinoto Hudinoto
Keywords: Imunitas, Dzikir, Lemon, Teh

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang : Covid-19 menyebabakn sebagian besar masyarakat panik, tidak ingin terkena atau terjangkit oleh virus ini. Masyarakat mulai tersadar untuk menjaga dan meningkatkan daya tubuh agar tidak terpapar oleh covid 19. Meningkatkan daya tahan tubuh adalah upaya untuk tidak mudah terserang penyakit termasuk Covid-19. Tujuan : Pendekatan spiritual dan minuman herbal/tradisional yang dapat membantu peningkatan imunitas tubuh merupakan bagian pendekatan secara hoistik yang diharapkan mampu mencegah penyebaran covid-19. Metode : Pengabdian masyakat ini dilakukan dengan edukasi dan sosialisasi tentang aplikasi dzikir/doa dan pembuatan minuman lemon madu/teh yang dapat meningkatan imunitas. Monitoring dan evaluasi dilakukan dengan pengukuran pengetahuan dengan pre-post test serta kunjungan ke masyarakat untuk pendampingan aplikasi dzikir/doa serta pembuatan minuman lemon atau teh. Evaluasi akhir menggunakan google form untuk mengetahui respon masyrakat terhadap penerapan dzikir dan kosumsi lemon madu/teh.

Hasil : 70-80 persen masyarakat yang mengaplikasikan dzikir dan konsumsi lemon/ teh secara rutin selama satu bulan merasakan ketenangan hati dan perasaan fisik yang lebih bugar.

Kesimpulan : Penerapan dzikir dalam kehidupan sehari-hari dan konsumsi lemon teh memberikan rasa ketenangan diri dan perasaan fisik yang lebih bugar.

 

Kata Kunci: Imunitas,Dzikir,Lemon,Teh

References

Betaliana, E. A. (2019). "Formulasi & Uji Mutu Fisik Lotio Kummerfeldi dengan Penambahan Perasan Lemon (Citrus Limon L) dan Kombinasi Pulvis Gummi Arabicum [Setia Budi Jakarta]". http://repository.setiabudi.ac.id/3742/7/INTISARI DAN ABSTRACT.pdf.
Clark, K. J., Grant, P. G., Sarr, A. B., Belakere, J. R., Swaggerty, C. L., Phillips, T. D., & Woode, G. N. (1998). "An in vitro study of theaflavins extracted from black tea to neutralize bovine rotavirus and bovine coronavirus infections". Veterinary Microbiology. https://doi.org/10.1016/S0378-1135(98)00242-9.
De Rosa, V., Galgani, M., Santopaolo, M., Colamatteo, A., Laccetti, R., & Matarese, G. (2015). "Nutritional control of immunity: Balancing the metabolic requirements with an appropriate immune function". Science Direct, 27(5), 300–309. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.smim.2015.10.001.
Himawan, F., Suparjo, S., & Cuciati, C. (2020). "Pengaruh Terapi Zikir terhadap Tingkat Depresi pada Pasien Gagal Ginjal yang Menjalani Haemodialisa". Journal of Holistic Nursing Science. https://doi.org/10.31603/nursing.v7i1.3036.
Kemendagri. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pendemi COVID 19 Bagi Pemerintah daerah. Jakarta : https://covid19.kemkes.go.id
Kota Tegal Tanggap Covid-19. (2020). https://corona.tegalkota.go.id/
Published
2021-06-23
Section
Articles