Edukasi Corona Virus Desease 19 (Covid-19) Melalui Penyebaran Poster Kepada Masyarakat Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal

  • Osie Listina STIKES BHAKTI MANDALA HUSADA SLAWI
  • Devi Ika Kurnianingtyas Solikhati
  • Ismi Sakina Fatmah
Keywords: Keywords: pandemic, covid-19, germas

Abstract

Semakin melonjaknya angka positif virus corona di Indonesia, seharusnya menambah kesadaran masyarakat terhadap bahaya pandemi ini. Kegiatan ini bertujuan: melaksanakan protokol pencegahan Covid-19, melaksanakan langkah-langkah kewaspadaan dan pencegahan penyebaran Covid-19, melaksanakan penyebaran informasi tentang Covid-19 dalam bentuk mengajak peran serta kepedulian masyarakat. Tahap persiapan yang sebagai berikut: observasi, dengan mendatangi tempat keramaian dan kerumunan, melakukan penggalian informasi tentang pengetahuan masyarakat terkait Covid-19, survei lokasi untuk memasang poster terkait informasi covid-19, membuat poster yang menarik, mudah dibaca dan dipahami oleh masyarakat. Untuk mencapai tujuan kegiatan dilakukan langkah dengan metode sebagai berikut: identifikasi masalah, langkah awal untuk merumuskan apa saja yang akan dijadikan bahan pembuatan poster, penelitian pustaka untuk acuan materi yang digunakan selama pengabdian, metode observasi lapangan, dilakukan untuk memetakan tempat dan lokasi pemasangan poster, sosialisasi kegiatan, dengan mendatangi masyarakat secara langsung dan memberikan informasi terkait Covid-19 dan memasang poster pada tempat-tempat yang sudah ditentukan. Berdasarkan penggalian informasi pengetahuan masyarakat mengenai Covid-19 pada waktu sebelum dan sesudah dilakukan, maka hasil dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terdapat perbedaan yang mengarah pada progress ysng lebih baik. Dimana sebelumnya masyarakat tidak begitu memahami terkait Covid-19, tetapi setelah dilakukan kegiatan pemberian informasi dan penempelan poster-poster, akhirnya masyarakat menjadi lebih memahami dan menjadi lebih sadar pentingnya menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak sebagai upaya mengurangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dapat disimpulkan bahwa dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini masyarakat dapat menerima dan menjadi lebih memahami informasi mengenai langkah-langkah kewaspadaan dan pencegahan infeksi Covid-19 dan melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

References

Depkes RI. 2009. Panduan Penyelenggaraan Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS). Jakarta: Departemen Kesehatan RI.
Depkes RI.2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Desease (COVID-19). Jakarta: Kemenkes RI & Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.
WHO1. 2020. Coronavirus Disease (COVID-19) Advice For The Publi. Available from: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public. Geneva: World Health Organization.
WHO2. 2020. Clinical Management Of Severe Acute Respiratory Infection When Novel Coronavirus (Ncov) Infection Is Suspected. Geneva: World Health Organization.
WHO3. 2020. Rational Use Of Personal Protective Equipment For Coronavirus Disease (COVID-19). Geneva: World Health Organization.
Published
2020-08-15
Section
Articles