Pemberdayaan Wanita melalui Budidaya Tanaman Binahong sebagai Toga untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga

  • Adevia Maulidya Chikmah Politeknik Harapan Bersama
  • Juhrotun Nisa Politeknik Harapan Bersama
  • Desy Fitrianingsih Politeknik Harapan Bersama
Keywords: Pemberdayaan, Wanita, Biahong, Pendapatan Keluarga

Abstract

Salah satu program yang dapat dilaksanakan oleh perempuan dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga, khususnya di bidang pangan adalah program penanaman dan pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Bonahong, Tanaman rambat yang mempunyai banyak khasiat dan manfaat, disamping penggunaanya sebagai tanaman obat juga sangat manjur bila digunakan sebagai tanaman hias didepan rumah. Tanaman binahong mudah sekali dan cepat dikembangkan. Pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan warga masyarakat di desa tersebut khususnya para anggota kelompok TOGA dengan optimalisasi pemanfaatan budidaya dan pengolahan tanaman menjadi sediaan obat tradisional yang bernilai ekonomis. Intervensi yang dilakukan dalam program ini antara lain adalah memberikan pengetahuan mengenai budidaya binahong, manfaat binahong, pengembangan produk olahan sediaan herbal dan pelatihan kewirausahaan. Kesimpulan dari kegiatan tersebut adalah pengetahuan masyarakat khususnya Kelompok Wanita Tani Jakwire Tegal meningkat dan mengetahui khasisat, olahan, dan daun binahong sudah mulai ditanam di kebun KPRL Jakwire Tegal.

Kata Kunci: Pemberdayaan, Wanita, Biahong, Pendapatan Keluarga

References

Chikmah, A.M., Riyanta, A.B, Nisa, J . 2019 . “Efektivitas Spray Gel Binahong Terhadap Luka Perineum Pada Ibu Pasca Bersalin di Kota Tegal”. Prosiding; Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Fitriyah, Nikmatul, Purwa, K Mahendrata, Alfiyanto, M. Afi f, Mulyadi, Wahuningsih, Nila, Kismanto, Joko. 2013. OBAT HERBAL ANTIBAKTERI ALA TANAMAN BINAHONG. Jurnal KesMaDaSka - Juli 2013.
Pebri, Ines Gusti. 2017. Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Binahong (Anredera Cordifolia) Terhadap Proses Penyembuhan Luka Insisi (Vulnus Incisivum) Pada Mencit (Mus Musculus). Jurnal. JIMVET E-ISSN : 2540-9492, Vol 2(1)
Suseno. 2013. Kandungan binahong. http:www.jurnal.stkipgarut.ac.id. Diakses tanggal 19 September 2016.
Published
2020-08-26
Section
Articles